+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

1. Pemilihan Media Tanam untuk Tanaman Hias 

Media tanam yang digunakan untuk menanam tanaman hias di dalam rumah / indoor harus memiliki karakter porous yaitu hanya dapat menampung sedikit air. Menanam tanaman hias di dalam rumah sangat identic dengan menanam tanaman hias di dalam pot. Contoh media tanam yang cocok digunakan untuk menanam tanaman hias indoor adalah sekam bakar, cocopeat, cacahan pakis, atau kombinasi media tanam. Media tanam tsb sebaiknya dicampur dengan humus, pupuk kompos atau pupuk kandang untuk menjamin terdapatnya nutrisi yang cukup dalam media tanam tsb. Baca juga: Cara Menanam Tanaman Hias Menggunakan Media Air

2. Pemilihan Tanaman Hias 

Sudah disinggung sedikit di atas, untuk menanam tanaman hias di dalam rumah harus memilih tanaman hias yang kuat dan tahan akan kondisi rumah. Contoh tanaman hias indoor yang cukup terkenal di antaranya adalah phaeleonopsis / anggrek bulan dan dendrobium. Namun seperti yang Anda tahu, untuk menanam anggrek diperlukan perawatan yang tepat agar dapat terus tumbuh dan berbunga. Contoh tanaman hias indoor lainnya adalah palem, bunga Lili, anthurium, sirih gading, bunga andong, dll. Bila Anda sebagai pemula, sebaiknya memilih tanaman hias yang mudah ditanam dan dapat tumbuh dengan hanya sedikit perawatan misalnya philodendron, sanseviera, dracaena. Tanaman yang tidak memerlukan banyak sinar matahari sangat cocok ditempatkan di dalam rumah. 

3. Lakuan Rotasi Tanaman Hias 

Kurang baiknya kondisi lingkungan di dalam rumah terutama cahaya matahari untuk pertumbuhan tanaman hias merupakan masalah utama pada menanam tanaman hias di dalam rumah. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan rotasi penempatan tanaman setidaknya setiap 2 minggu sekali ke tempat yang memiliki asupan cahaya cukup misalnya di dekat jendela yang menerima cahaya matahari. Atau Anda dapat meletakkan pot tsb di pekarangan rumah untuk sementara waktu. Tujuan dari rotasi tanaman ini adalah untuk memberikan kesegaran dan asupan sinar matahari untuk keperluan fotosintensis dan pertumbuhan tanaman hias itu sendiri. Bila diperlukan, Anda dapat memasang lampu artificial di dalam rumah untuk keperluan cahaya bagi tanaman.

4. Lakukan Perawatan Tanaman Hias 

Salah satu tantangan menanam tanaman hias di dalam rumah adalah perawatannya. Perawatan tanaman yang dilakukan seperti halnya perawatan tanaman hias di pekarangan rumah meliputi penyiraman, pencabutan gulma, pemangkasan dan pemupukan. Penyiraman tanaman hias di dalam rumah tidak perlu dilakukan sesering bila ditempatkan di luar rumah. Untuk penyiraman, lakukan tes kelembaban media tanam terlebih dahulu dengan cara menekan media tanam menggunakan jari. Bila kering lakukan penyiraman secukupnya. 

5. Pemindahan Pot Tanaman Hias 

Saat tanamn hias mulai membesar dan akar dalam pot mulai memenuhi pot maka itulah tanda saatnya tanaman hias tsb harus dipindahkan ke pot yang lebih besar. Pemindahan tanaman hias tsb harus dilakukan hati-hati agar tidak melukai tanaman hias yang dipindahkan dan tidak menyebabkan tanaman tsb stress. Pemindahan pot tsb juga sangat penting untuk menjamin ketersediaan nutrisi di dalam media tanam yang digunakan. 

Itulah tips menanam tanaman hias di dalam rumah. Menanam tanaman hias di dalam rumah tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dengan ketekunan dan terus belajar maka Anda akan mendapatkan keberhasilan dan itu merupakan kepuasan tersendiri.