+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Tanaman sukulen cocok digunakan sebagai tanaman hias baik indoor ataupun outdoor. Dikarenakan mempunyai ukuran yang kecil dan simple membuat tanaman ini tidak terlalu memakan tempat apabila dijadikan sebagai tanaman hias indoor. Selain berukuran simple, tanaman yang satu ini juga mudah dalam perawatnnya. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk menjadikan tanaman sukulen sebagai tanaman hias atau dikoleksi bahkan untuk dibudidayakan. Alasan lainnya, tanaman sukulen memiliki permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat, sehingga banyak penggemar tanaman hias atau agrikultur yang tertarik untuk membudidayakan atau sekedar menanamnya sebagai tanaman hias saja.

Namun, sebelum menanam tanaman tersebut tentu saja anda harus mengetahui cara menanam yang baik agar menghasilkan tanaman yang berkualitas. Berikut di bawah ini Cara Menanam Sukulen Dari Daun Dan Batang yang dapat anda lakukan.

1. Persiapan Tanah Sebagai Media Tanam

Sebenarnya habitat asli dari tanaman sukulen adalah tanah yang tandus dengan suhu agak panas dan tanahnya cenderung lebih berpasir. Maka dari itu, sebelum anda menanam tanaman sukulen ini sebaiknya persiapkan terlebih dahulu komposisi tanah yang mendekati kondisi tanah pada habitat aslinya. Persiapan tanahnya sebagai berikut:

  • Siapkan tanah pasir biasa atau pasir pantai yang kasar. Apabila memakai pasir pantai, cuci terlebih dahulu agar kadar garamnya hilang.
  • Siapkan tanah humus yang memiliki unsur hara
  • Tanah mineral perlit
  • Sedikit tanah vulkanik
  • Kemudian campurkan tanah di atas dengan perbandingan humus : pasir : tanah vulkanik : perlit adalah 4:2:1:5
  • Aduk hingga tanah tercampur rata.

2. Pemilihan Pot Yang Tepat

Karena tanaman sukulen merupakan tanaman hias, maka pilih pot yang disesuaikan dengan ukuran tanaman tersebut dan pilih pot yang bagus. Jangan memakai media tanam plastik polybag atau sejenisnya. Untuk tanaman kaktus mini anda dapat memakai pot kecil sedangkan untuk tanaman lidah buaya normal gunakan pot plastik yang berukuran lebih besar.

Anda dapat memilih bentuk pot yang bervariasi sesuai keinginan anda yang dapat anda beli di toko tanaman. Apabila tanaman sukulen diletakkan indoor pilih bentuk pot yang unik dengan warna yang kontras sesuai dengan warna cat ruangan anda.

3. Pengisian Tanah Dalam Pot

Apabila anda telah memilih pot yang sesuai, lalu isi pot tersebut dengan tanah yang telah anda persiapkan sebelumnya. Isikan pot dengan tanah namun jangan sampai penuh, sisakan sekitar 5 cm dari permukaan atas pot. Jangan menyiram tanam sukulen ini, apabila anda menyiramnya dikhawatirkan tanaman sukulen akan layu dan membuat akarnya membusuk.

4. Persiapan Bibit Sukulen

Cara Menanam Sukulen Dari Daun Dan Batang selanjutnya yaitu dengan menyiapkan bibit sukulen yang anda inginkan. Umumnya tanaman sukulen yang banyak ditanam adalah kaktus dengan ciri batang yang tebal. Metode perbanyakan pada tanaman jenis ini memakai metode vegetative yaitu melalui potongan daun atau batangnya. Berikut metode perbanyakan yang bisa dilakukan.

  • Bersihkan dan cuci agar alat potong yang akan digunakan lebih steril (dapat memakai pisau atau silet)
  • Pilih tanaman sukulen dewasa dan sehat lalu iris dengan memakai pisau yang tajam dan silet sekitar 8 – 12 cm.
  • Lalu bagian batang yang dipotong celupkan ke dalam hormone tumbuh (ZPT) auxin.
  • Kemudian setelah dicelupkan taburi dengan bubuk fungisida untuk menghindari jamur serta cendawan.
  • Letakkan irisan batang atau daun sukulen pada tempat teduh dan kering yang dialasi dengan tisu kering.
  • Tunggu hingga bagian pangkaal isiran mengkerut dan mongering.
    Apabila telah mengerut, maka potongan sukulen tersebut siap untuk ditanam.

5. Penanaman Bibit Sukulen

Berikut cara penanaman bibit sukulen:

  • Buat lubang dalam pot dengan kedalaman 1/3 – ½ bagian bibit.
  • Masukkan bibit dalam lubang dan tutup dengan tanah sekitar.
  • Jangan sirami tanahnya dan biarkan tanahnya kering.

6. Pemilihan Tempat Untuk Tanaman Sukulen

Sebelum menempatkan tanaman sukulen diluar ruangan atau di dalam ruangan, sebaiknya kenali terlebih dahulu karakteristik jenis dari tanaman sukulen tersebut. untuk tanaman sukulen dengan warna ungu, sebaiknya letakkan di luar ruangan. Karena ia akan lebih kesulitan beradaptasi pada lingkungan yang kurang panas apabila di letakkan di indoor. Sedangkan untuk tanaman sukulen dengan warna hijau cerah letakkan di indoor karena ia tetap mampu beradaptasi meskipun dilingkungan yang dingin dan kurang sinar. Sehingga lebih cocok diletakkan di indoor. Namun, jangan lupa untuk tetap memberikan pasokan sinar matahari dengan menampatkannya dekat dengan kaca jendela.

7. Pengkondisian Lingkungan Tanaman Sukulen

Dikarenakan tanaman ini berhabitat asli di tempat yang panas dan kering, maka sebaiknya jangan meletakkan tanaman sukulen di dekat ac atau di ruangan ber ac. Bagi tanaman yang diletakkan diluar ruangan pastikan untuk mendapatkan sinar matahari langsung minimal 3 atau 5 jam setiap harinya.

8. Penyiramaan Tanaman Sukulen

Untuk metode penyiraman tanaman sukulen anda harus memperhatikan dan tidak boleh salah. Bahwa penyiraman tidak boleh secara langsung pada pangkal tanaman atau tanah pot. Melainkan dengan menyemprotkan air dengan memakai spray pada bagian daun serta batangnya. Lakukan penyemprotan pada pagi dan sore hari. Sedangkan untuk penyiraman akarnya anda bisa melakukannya seminggu sekali.

Sumber : Tanipedia.co.id