+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Budidaya Tabulampot Jambu Kristal

Jambu kristal termasuk kedalam tanaman buah tropis, namun bukan berarti tanaman ini tidak dapat tumbuh pada daerah sub-tropis. Tanaman jambu kristal dapat bertahan dan tumbuh dengan baik pada daerah dengan curah hujan 1000-200mm/tahun dengan tingkat kelembaban suhu yang rendah.

Selain itu pertumbuhan jambu kristal juga dipengaruhi oleh intensitas angin untuk membantu penyerbukan bakal buah nantinya. Namun daerah dengan intensitas angin yang tinggi juga tidak bagus, hal ini dapat membuat kerontokan buah nantinya.

Tanaman jambu kristal termasuk tanaman yang menyukai cahaya matahari. Cahaya matahari dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan buah dan batang. Kekurangan sinar matahari dapat membuat pertumbuhan jambu kristal terhambat dan tanaman menjadi kerdil. Jambu kristal dapat tumbuh optimal pada suhu antara 23-28 derajat Celcius.

Pemilihan Bibit Jambu Kristal Yang Tepat

Terdapat beberapa cara dalam mendapatkan bibit jambu kristal. Anda dapat membeli bibit yang sudah tumbuh pada toko pertanian atau penjual bibit tanaman buah. Cara lainya adalah dengan membuat sendiri bibit jambu kristal dengan 2 cara yaitu :

  1. Menanam langsung dari biji buah jambu kristal, dengan cara ini memang bibit yang dihasilkan membutuhkan waktu yang realtif lebih lama. Namun cara ini banyak dipilih untuk mendapatkan bibit dalam jumlah banyak.
  2. Bibit jambu kristal hasil cangkok atau stek, anda juga dapat membuat bibit jambu kristal dari hasil mencangkok batang indukan. Cara ini tergolong cukup mudah dan relatif lebih cepat, namun jumlah bibit yang dihasilkan terbatas.

Persiapan Media Tanam Dalam Pot

Sebelumnya anda perlu menyediakan sebuah pot dengan ukuran sedang atau menyesuaikan dengan besarnya bibit yang akan ditanam. Penggunaan ukuran pot yang bertahap dari mulai pot yag kecil hingga yang besar sangat disarankan. Anda dapat menggunakan pot yang kecil saat mulai menanam dan pindahkan ke pot yang lebih besar saat batang jambu mulai tumbuh.

Untuk media tanam, anda dapat membuatnya dengan campuran tanah yang sudah digemburkan, kompos/pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 1:2:2. Namun sebelum memasukan media tanam kedalam pot, sebaiknya isi dasar pot dengan kerikil/pecahan genteng.

Penanaman Bibit Jambu Kristal Dalam Pot

  • Isi pot dengan media tanam sampai setengah bagian.
  • Pangkas sebagian daun bibit yang akan ditaman untuk mengurangi penguapan.
  • Buka plastik polybag pada bibit dengan hati-hati agar tidak merusak akar.
  • Buat lubang pada media tanam dan letakkan bibit lalu timbun kembali.
  • Padatkan media tanam sekitar batang untuk memastikan tanaman berdiri kokoh.
  • Penyiraman awal dapat dilakukan untuk menjaga kelembaban media tanam.
  • Letakkan pot jambu kristal pada area yang teduh agar tanaman dapat beradaptasi.
  • Lakukan penyiraman rutin setiap pagi dan sore hari.
  • Setelah berumur 1 minggu setelah tanam, pot dapat dipindahkan ke area yang lebih terbuka dan terkena siar matahari.

Perawatan Jambu Kristal Tabulampot

Untuk perawatan jambu kristal tabulampot tidaklah begitu rumit. Penyiraman rutin dapat dilakukan untuk menjaga agar tanaman tidak kekeringan dan mati. Selain itu, penyiangan pada gulma dan tanaman penggangu pada sekitar tanaman perlu dilakukan agar nutrisi tidak dicuri oleh tanaman penggangu tersebut.

Pemangkasan tunas pada batang jambu kristal juga perlu diakukan. Tujuannya agar nutrisi yang terserap dapat dimaksimalkan untuk pembentukan bakal buah yang besar dan manis. Selanjutnya lakukan penggemburan tanah setidaknya sekali dalam sebulan untuk peremajaan.

Pemupukan awal jambu kristal tabulampot, dilakukan setelah usia satu bulam sejak penanaman. Pupuk yang diberikan adalah NPK Mutiara dengan komposisi 25:7:7 sebanyak 100gram setiap batang pohon. Pemeberian pupuk dilakukan dengan cara menyirampak NPK mutiara kedalam media tanam dalam pot. Pupuk ini dapat diberikan setiap 4 bulan sekali.

Pemupukan lanjutan jambu kristal tabulampot, dilakukan setelah tanaman berusia 3 bulan yaitu dengan mengubah dosis NPK menjadi 16:16:16 yang dilarutkan dengan air 1L/10 gram pupuk. Cara pemberian pupuk dengan menyiramkan pada media tanam setiap 4 bulan sekali.

Masa Panen Jambu Kristal

Umumnya jambu kristal dalam pot sudah mulai berbuah saat berumur 6 bulan. Namun pada usia ini biasanya buah yang dihasilkan belum maksimal karena masih dalam tahap belajar berbuah. Namun yang menarik adalah, jambu kristal bukanlah kategori buah musiman. Ini berarti jambu kristal terus berbuah dan dapat dipanen sepanjang tahun hinga berumur 10 tahun. Ukuran buah maksimal bisa sebesar 2 kepalan tangan orang dewasa. Dan untuk 1 batang pohon jambu kristal dapat menghaslikan hingga 10kg buah.