+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

1. Pemilihan Bibit Bunga Sedap Malam

Tahap pertama untuk menanam bunga sedap malam adalah memilih bibit yang bisa dikatakan unggul. Selain memilih bibit unggul dari tanaman induk, perawatan bibit unggul juga menjadi penting untuk dilakukan. Memang, pembibitan untuk tanaman bunga yang satu ini dapat dikatakan perlu menunggu waktu yang cukup lama. Tidak semata memangkas umbi, dan kemudian langsung menanamnya.

Khusus tanaman ini, Anda harus menjalankan beberapa “ritual” pembibitan guna mendapatkan tanaman bunga sedap malam yang berbunga lebat dan tumbuh sempurna. Memang tidak praktis! Percayalah, tidak ada hasil yang mengkhianati usaha!

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan bibit unggul tanaman bunga sedap malam.

  • Pastikan bibit berasal dari tanaman induk yang sudah tua (usia sekitar 1,5 tahun) dan sering berbunga
  • Carilah bibit bunga sedap malam yang masih memiliki umbi
  • Pastikan umbi pada bibit bunga tidak lecet atau terluka
  • Memiliki tinggi sekitar 1 – 2 cm

Jika persyaratan tersebut sudah dipenuhi, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan bibit untuk menjadi bibit yang siap tanam. Berikut adalah metodenya.

  • Ambil umbi dari tanaman bunga sedap malam
  • Potonglah akar-akar pada umbi tersebut
  • Keringkan umbi sekitar 3 – 4 minggu
  • Simpan bibit selama satu bulan penuh

2. Persiapan Media Tanam

Ketika sudah tiba saatnya bibit bunga sedap malam untuk ditanam, tentunya Anda harus menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Bunga sedap malam memiliki sifat toleran yang tinggi terhadap situasi atau kondisi lingkungannya. Oleh karena itu, untuk media tanam yang diperlukan juga sederhana. Dalam menanam bunga sedap malam, Anda bisa menggunakan media tanah.

Artinya Anda bisa langsung menanamnya di lahan, jika memiliki pekarangan rumah yang tersisa, atau dengan menggunakan pot atau polybag. Anda bebas dalam menentukannya, sesuaikan dengan keadaan Anda. Dalam artikel ini akan membahas dengan spesifik cara menanam bunga sedap malam di pot. Untuk Anda yang memiliki keinginan yang sama, Anda dapat menyiapkan alat dan bahan di bawah ini.

  • Tanah
  • Arang sekam
  • Pupuk (kompos atau kandang)
  • Pot atau polybag yang sudah dibuangi di bagian bawah
  • Cetok
  • Air secukupnya

3. Penanaman Bunga Sedap Malam

Setelah semua alat, bahan, dan bibit siap, maka tahap selanjutnya untuk menanam bunga dengan wangi yang semerbak ini adalah tahap penanaman bibit. Berikut adalah cara menanam bunga sedap malam. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan runtut.

  • Campurkan tanah, arang sekam, dan pupuk menjadi satu dengan perbandingan 1:1:1
  • Masukkan campuran ke dalam tanah
  • Buatlah lubang di bagian tengahnya sedalam 5 cm
  • Masukkan bibit bunga sedap malam yang telah disimpan
  • Tutup lagi dengan tanah
  • Padatkan tanah
  • Siram tanah dengan air secukupnya
  • Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup

4. Perawatan Bunga Sedap Malam

Tahap menanam bunga sedap malam tidak berhenti sampai pada penanaman bibit saja. Tentunya sebagai pelaku bercocok tanam, kita menginginkan hasil yang baik agar usaha yang dikerahkan sebelumnya tidak sia-sia. Nyatanya, usaha tersebut belum berakhir. Di sini Anda juga perlu melakukan perawatan terhadap tanaman sedap malam dengan rutin dan berkala. Perawatan menjadi poin penting keberhasilan tumbuhnya tanaman bunga sedap malam. Beberapa perlakukan yang perlu Anda lakukan pasca menanam bibit bunga sedap malam.

5. Penyiraman

Dalam merawat bibit bunga sedap malam agar dapat tumbuh menjadi bunga sedap malam yang seutuhnya, maka Anda perlu menyiram tanaman tersebut secukupnya. Tanaman bunga ini sangat membutuhkan air terutama pada fase awal pertumbuhannya sebagai upaya untuk mempercepat tumbuhnya tunas. Disarankan untuk menyiram sebanyak dua kali sehari, yaitu setiap pagi dan sore hari.

Seiring berjalannya waktu tanaman bunga sedap malam ini akan tumbuh besar. Saat itulah Anda perlu mengurangi intensitas aktivitas penyiraman, yang awalnya dua kali sehari menjadi satu kali sehari. Anda bebas memilih, apakah menyiram di sore hari saja atau di pagi hari saja. Intinya penyiraman harus rutin dilakukan!

6. Pemupukan

Bagaimana cara menanam bunga sedap malam agar cepat tumbuh dan berbunga? Selain menyiram, tentunya hal yang harus dilakukan adalah pemberian pupuk. Anda sudah dapat memulai pemupukan setelah usia tanaman sekitar 6 bulan. Anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Selain itu Anda juga bisa saling mencampur pupuk buatan, seperti mencampur pupuk TSP dengan urea dengan perbandingan 1:1.

7. Pemberantasan hama

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman bunga sedap malam adalah melindungi tanaman dari hama dan penyakit, seperti belalang, ulat tanah, busuk umbi, dan layu daun. Bagi Anda yang menanam bunga sedap malam langsung di lahan, maka Anda perlu untuk melakukan penggemburan tanah dan perbaikan sistem drainase untuk menghindari penyakit busuk umbi dan layu daun. Lebih lanjut, Anda juga perlu menyemprotkan insektisida dan fungisida secara berkala untuk mencegah tanaman terserang dari hama.

8. Pemanenan Bunga Sedap Malam

Jika setiap proses tersebut sudah Anda lewati dengan baik dan tekun, maka hasilnya pun tidak akan mengkhianati usaha Anda dalam bercocok tanam  bunga sedap malam. Tanaman ini akan menghasilkan bunga yang lebat, batang yang kokoh, dengan wangi bunga yang tentunya sudah dinantikan pada setiap malam.

Anda tidak harus melakukan proses panen terhadap tanaman ini jika Anda tidak menginginkannya. Anda bisa memilih untuk membiarkan tanaman ini tumbuh bertahun-tahun dan membudidayakannya dengan melewati proses yang sama, sambil menikmati keelokan bunga yang satu ini. Atau, Anda pun juga bisa memilih untuk memanennya, mengingat daya jual bunga sedap malam yang cukup tinggi serta dapat dimanfaatkan sebagai penghias dan pengharum ruangan Anda.

Tanaman bunga ini memiliki masa produktif untuk berbunga selama 2 tahun. Untuk setiap tanamannya akan menghasilkan tiga sampai lima tangkai bunga. Berikut adalah cara atau langkah yang baik untuk memanen bunga sedap malam.

  • Usia sekitar tujuh sampai delapan bulan
  • Pastikan tanaman sudah berbunga, sekitar satu atau dua kuntum bunga
  • Pisahkan tangkai bunga dari rumpun tanaman dengan menarik atau memotongnya
  • Ikatlah tangkai-tangkai bunga menjadi satu

Cara Budidaya Bunga Sedap Malam di Pot (Cara Singkat)

Berikut ini adalah cara menanam bunga sedap malam di pot:

  1. Siapkan bibit bunga sedap malam yang sudah berumbi
  2. Siapkan pot atau polybag yang telah dilubangi untuk keperluan drainase atau pengairannya
  3. Siapkan campuran tanah, arang sekam, dan pupuk (kandang atau kompos) dengan perbandingan 1:1:1
  4. Masukkan campuran tanah, arang sekam, dan pupuk ke dalam pot atau polybag
  5. Buatlah lubang di bagian tengahnya dengan kedalaman 5 cm
  6. Masukkan bibit bunga sedap malam
  7. Tutupi lagi dengan tanah
  8. Padatkan tanah
  9. Siramlah dengan air secukupnya
  10. Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup
  11. Lakukan penyiraman secara rutin, yaitu dua kali sehari
  12. Setelah 6 bulan, lakukanlah pemupukan
  13. Pantaulah perkembangan tunas dan pertumbuhan bunga sedap malam

Demikianlah panduan menanam bunga sedap malam. Ikuti setiap langkahnya, jangan sampai ada yang terlewat. Semoga bermanfaat dan selamat bercocok tanam!