+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Bunga geranium tidak hanya dikenal karena keindahannya saja, namun juga manfaat tersembunyi dari bunga ini seperti juga dengan cara menanam bunga calla lily. Warna bunganya yang indah dan mencolok membuat siapapun yang melihat akan terpesona. Terlebih saat mengetahui bahwa ternyata tanaman ini memiliki khasiat lain yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk alami.

Dengan menempatkan tanaman ini di rumah, maka dipastikan hunian anda akan terbebas dari serangga yang cukup merugikan ini.  Zat citronella yang terkonsentrsi pada daun tanaman geraniim akan mempu mengusir nyamuk dengan ampuh. Cara kerjanya cukup sederhana, anda hanya perlu meletakkan tanaman di luar rumah. Kemudian saat angin meniup tanaman dan mengenai daun, maka daun daun akan bergoyang dan mengeluarkan aroma khas yang tidak sukai oleh nyamuk.

Di Indonesia sendiri tanaman yang satu ini, cukup dikenal dengan nama tapak dara. Secara umum terdapat tiga jenis geranium yang memiliki nilai ekonomis di pasaran yaitu Citrosa Lady Diana, Citrosa  Mosquito Fighter, Citrosa Queen Of Lemon. Jika ingin menanam geranium maka bunga ini sangat cocok untuk di tanam di dalam pot tentu berbeda dengan  cara menanam bunga dandelion .

Dengan begitu maka perawatan dan pemeliharaannya relatif mudah serta anda dapat meletakkannya dimana saja. Bisa di bagian depan rumah dengan cara di gantung atau di halaman belakang rumah. Selain tampak indah tentunya manfaat utama dari tanaman ini dapat anda rasakan langsung. Bagaimana? Anda tertarik untuk menanamnya. Tenang saja, disini kami telah merangkum 7 cara menanam bunga geranium sebagai pengusir nyamuk yang ampuh. Simak selengkapnya.

1. Persiapkan Benih Bunga Geranium

Memperbanyak tanaman geranium dalat dilakukan melalui biji seperti cara menanam bunga balsam ataupun tunas anakan. Namun, karena tidak memiliki tanaman indukan maka anda harus menanam bunga geranium melalui biji.

Untuk mendapatkan benihnya anda bisa membeli di toko bibit bunga atau melakukan pemesanan melalui situs online.

Pastikan bahwa anda membeli melalui seller yang terpercaya.

2. Persiapkan Pot Tanam

Menanam bunga geranium sangat dianjurkan untuk dilakukan di dalam pot seperti juga cara menanam bunga bungur . Dengan menanam di dalam pot maka pemeliharaan dan perawatan akan relatif mudah. Dan juga tentu anda bisa dengan leluasa meletakan bunga di mana saja. Menyiapkan pot tanam dapat anda lakukan dengan cara sebagai berikut :Pilih pot tanam dengan bahan plastik atau genteng.Pot yang digunakan berukuran sedang dengan diameter 25-35 cm.Lubangi bagian dasar pot, kemudian cuci bersih pot yang akan digunakan.Anda juga bisa menggunakan pot bekas tanaman lain, namun tentu harus di sterilkan dan dibersihkan terlebih dahulu.Setelah itu, kering anginkan pot dan aimpan di tempat yang bersih. 

3. Persiapkan Media Tanam

Setelah menyiapkan pot tanam, maka tahapan selanjutnya dapat anda lanjutkan dengan menyiapkan media tanam. Media tanam yang diperlukan oleh tanaman geranium adalah media tanam yang gembur, subur dan mampu menyerap air dengan baik seperti pada cara menanam mawar hitam dari biji.

Nah, berikut langkah langkah menyiapkan media tanam bagi tanaman geranium anda.Siapkan media campuran tanah, pasir dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.Campurkan media tanam hingga merata.Kemudian isikan pecahan batu bata atau genting bersih pada bagian dasar pot.Setelahnya anda bisa memasukkan campuran media tanam yang telah dibuat tadi kedalam pot.Isikan hingga penuh dan padat.Kemudian siram media tanam untuk mengetahui tingkat kepadatannya.Jika volume media berkurang akibat penyiraman, maka tambahkan kembali media hingga penuh. 

4. Menanam Bunga Geranium

Setelah media tanam siap, maka anda langsung bisa melakukan penanaman. Untuk mempermudah, anda bisa langsung menanamnya di dalam pot. Tanpa perlu melakukan persemaian seperti pada cara menanam melati jepang . Hal ini dirasa lebih praktis dan cepat untuk bisa menumbuhkam tanaman geranium.

Selain itu, dengan menggunakan bibit berkualitas, anda tidak perlu takut lagi jika ada benih yang tidak tumbuh. Berikut cara menanam bunga geranium paling mudah ,Waktu tanam yang tepat, sebaiknya lakukan pada pagi atau sore hari.Keluarkan benih dari pembungkusnya.Karena biji geranium berukuram sangat kecil, maka anda harus benar benar hati-hati dan telaten.Tanamkan 3-5 benih kedalam pot.Setelah benih tumbuh maka anda bisa menyisakan 2-3 tanaman dan sisanya tanam kembali di pot yang berbeda.Lakukan penyiraman dengan menggunakan handsprayer.Biasanya biji akan mulai berkecambah pada 4-5 hari setelah tanam.Setelah 7 hari tanaman akan mulai mengeluarkan daun muda.Untuk menghindari serangan belalang atau jangkrik anda bisa menyemprotnya menggunakan fungisida dosis rendah.Letakkan tanaman di tempat yang teduh, dan tidak terkena sinar matahari langsung.

5. Merawat Bunga Geranium

Tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan agar tanaman geranium anda menghasilkan bunga adalah tentu merawat dan memeliharanya dengan baik.

Dengan perawatan dan pemeliharaan intensif maka tanaman akan dapat berbunga dengan lebat dan rajin seperti juga pada cara menanam bunga desember . Berikut perawatan yang wajib dilakukan pada tanaman geranium.

Pengairan

Tanaman bunga geranium sebenarnya cukup tahan terhadap kekeringan. Sehingga penyiraman pada tanaman harus dilakukan secara proporsional dan sesuai kebutuhan. Anda harus memperhatikan kondisi media tanam, jika media kering anda bisa menyiramnya hingga air keluar dari celah pot yang berlubang.

Pemupukan

Untuk pemupukan organik anda bisa menambahkan pupuk kandang secara berkala ke media tanam. Namun, pastikam pupuk kandang yang digunakan sudah benar benar kering. Anda juga bisa menggunakan pupuk cair 20:20:20 atau 15:30:15 yang bisa anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian. Hati hati saat menggunakan pupuk ini, jangan sampai mengenai bagian daun tanaman. Karena hal ini dapat menyebabkan daun tanaman terbakar.

Pemisahan Anakan

Setelah tanaman berusia 2-3 tahun maka lakukan pemisahan anakan. Dengan begini maka anda akan memiliki tanaman baru. Tentu saja anda tidak perlu menanamnya dari awal kembali. Sebenarnya tidak perlu menunggu hingga 2-3 tahun, jika tanaman telah tumbuh cukup rimbun anda dapat memisahkan anakannya.

6. Bunga Geranium Mulai Berbunga 

Setelah 3-4 bulan setelah tanam, maka bibit akan mulai berbunga sama seperti pada cara menanam bunga camelia . Tentunya fase ini merupakan fase yang paling di tunggu.

Pada saat ini anda bisa menikmati keiandahan bunga geranium. Geranium merupakan tanaman yang memiliki waktu hidup lama. Apalagi jika diiringi dengan pemeliharaan dan perawatan tepat.

Maka tanaman ini akan mampu berbunga dengan rajin.

7. Menjaga Kesehatan Tanaman Geranium

Selain pemeliharaan dan perawatan hal yang paling penting adalah dengan menjaga kesehatan tanaman geranium. Anda harus menjaga kesehatan tanaman dengan rutin membuang bagian tanaman yang mati seperti pada cara menanam kamboja jepang . Bagian seperti bunga dan dau  serta ranting tanaman yang mati harus disingkirkan agar tidak di tumbuhi jamur. Selain itu, hal tersebut juga akan memicu pertumbuhan tanaman baru.

Sumber : mekarmulya.desa.id