+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Bunga merupakan salah satu ornamen penting untuk mempercantik halaman rumah. Anda bisa menanam berbagai jenis bunga, tergantung kesukaan, luas rumah dan juga kondisi tempat tinggal anda. Beberapa bunga memiliki syarat tumbuhnya sendiri sehingga membutuhkan penyesuaian jika ditanam di tempat yang berbeda.

Sebagian orang menanam bunga yang umum seperti mawar, melati, kamboja dan sejenisnya. Namun sebagian orang lain menanam bunga yang unik dan tidak biasa salah satunya adalah bunga Alamanda. Biasanya, bunga alamanda di tanam di tanah luas. Namun bukan berarti tidak bisa loh ditanam di pot agar cantik.

oramnurseries.com

Cara Menanam Alamanda di Pot

Nah berikut ini ada tips dan trik serta tahapan bagaimana agar bisa menanam bunga alamanda yang cantik di dalam pot, terutama untuk anda yang memiliki rumah tidak terlalu luas :

1. Siapkan Pot

Pertama anda bisa menyiapkan pot untuk media tempat menanam bunga alamanda. Untuk pemilihan pot bisa disesuaikan dengan ukuran tanaman bunga alamanda, ketika bibitnya masih kecil maka gunakan saja yang kecil terlebih dahulu. Selain itu anda harus memeriksa apakah pot tersebut memiliki lubang drainase yang cukup sehingga tidak tergenang air ketikan dilakukan penyiraman. Setelah selesai bersihkan pot agar tidak ada hewan atau sejenisnya.

2. Siapkan Media Tanam

Selanjutnya anda bisa menyiapkan media tanam yaitu tanah yang dicampurkan dengan pupuk kandang yang sudah matang dan juga kompos, hindari untuk menggunakan pupuk yang non organik karena akan berbahaya untuk anda dan tanaman. Meskipun tanaman itu sendiri tidak dikonsumsi oleh anda namun pupuk yang baik pupuk organik. Selain itu penggunaan kompos membuat tanaman alamanda mudah beradaptasi.

Jika sudah diamkan media tanam selama 5-6 hari sambil dijemur dibawah sinar matahari. Jangan lupa untuk menggemburkannya sesekali agar hama dan gulma cepat mati di media tanam tersebut.

3. Siapkan Bibit

Setelah itu siapkan bibit bunga alamanda, anda bisa menggunakan bibit yang sudah jadi, sistem tanam biji yang bisa anda siapkan dan anda semai ataupun menggunakan cara stek dari pohon besar ke dalam pot. Semua bebas dilakukan agar anda merawatnya dengan benar.

4. Penanaman

Penanaman dilakukan dengan cara  memindahkan bibit bunga alamanda langsung kedalam pot. Masukan bibit pada pot yang sudah siapkan. Posisikan bibit tegak lurus lalu kita taburkan media campuran tanah + kompos yang sudah disiapkan pada pot sampai rata dengan batas pada pot.Kemdian padatkan media tanam namun jangan terlalu padat agar akar mudah berkembang.

5. Penyiraman dan Pemupukan

Untuk penyiraman anda bisa melakukannya secara rutin selama satu hari sekali. Perlu diingat bahwa alamanda tidak suka tanah yang terlalu basah makannya jangan sampai menggenak karena akan busuk. Namun juga jangan didiamkan karean tanaman dengan jenis bunga membutuhkan kesegaran dari air penyiramannya.

Selain itu ketika masa perawatan anda harus menambah pemupukannya. Pemupukan susulan perlu kita berikan. Unsur hara media dalam pot akan terus terkuras, dari itu perlu kita berikan pemupukan secara rutin supaya unsur hara tetap tersuplay.

Sumber : petaniindo.com