+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot

Meski di Indonesia ada dataran tinggi (daerah penghasil buah plum di Indonesia seperti bandung, bogor) , tetap saja bukan iklim subtropis melainkan tropis. Sementara buah plum butuh iklim ekstrem saat akan produksi buah. Jika dilakukan budidaya buah plum di Indonesia, maka kualitas buahnya akan menurun, biasanya ukurannya lebih kecil daripada di negara asalnya serta produktivitasnya pun tak setinggi di negara asalnya.

Cara Tabulampot Buah Plum

Buah plum tidak hanya bisa ditanam di lahan yang luas, buah plum ini juga bisa tumbuh dengan baik dalam pot ataupun polybag. Lakukan penanaman dengan cara mencangkoknya. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1-2 bulan pasca cangkok, bibit tanaman buah plum ini siap dipindahkan ke dalam pot. Cara penanaman bibit buah plum dalam pot dilakukan dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kotoran hewan ternak, bisa kotoran sapi atau kambing dengan perbandingan 1:1.

Lakukan perawatan berupa pemupukan dan penyiraman. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang. Sedangkan penyiraman ini bisa dilakukan sehari sekali jika media tanam telah kering. Tabulampot buah plum dataran rendah ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, pertumbuhan buah plum akan lebih maksimal.

Penanaman Buah Plum Pada Lahan

Jika tanaman inangnya telah siap, bibit buah plum dapat ditanam. Jika dibudidayakan di lahan, perlu dibuatkan lubang tanam dengan kedalaman 10-15 cm dengan jarak tanam antar bibit buah plum sebaiknya sekitar 3 meter.

Masa Panen Buah Plum

Ketika diameter pohon plum mencapai 5-10 cm, plum sudah mulai berbuah. Buah plum baru benar-benar bisa dipanen ketika plum berusia sekitar 3 tahun.