+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Menanam adenium sebenarnya merupakan solusi yang tepat bagi anda yang memiliki kesibukan yang melelahkan, tetapi ingin melepaskan stress saat dirumah dengan menanam pohon akan tetapi tidak ingin disibukkan dengan perawatan tanaman yang intensif, maka adenium adalah jawabanya.

Cara menanamnya mudah. Bisa dibilang sekali anda menanam dan menyiramnya, maka tanaman ini dapat mandiri dan bertahan tanpa disiram selama seminggu penuh, cocok bagi anda yang mudah lupa atau memiliki kesibukkan yang melelahkan.

Adenium memiliki nama lain mawar gurun atau desert rose dikarenakan berasal dari daerah gurun yang kering dari Asia Barat dan Afrika, namun dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia. Sering dijadikan bonsai atau tanaman hias kerdil di Jepang, sehingga lazim juga disebut di Indonesia dengan nama Kamboja Jepang.

Adenium memiliki tampilan yang indah walaupun mengalami stereotyping sebagai tanaman kuburan tetapi tetap memiliki keindahan tersendiri juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi di kalangan penghobi, apalagi jika dilihat dari bentuk akar yang menggembung, batangnya, dan juga bunganya yang cantik, sehingga dapat dijadikan hiasan di pot atau mempercantik landscape seperti penggunaannya pada resort, hotel, atau ruang publik lain sehingga setidaknya dapat mengaburkan persepsi masyarakat awam terhadap predikat adenium sebagai tumbuhan areal pemakaman.

Tanaman ini dapat kita jumpai banyak di tanam oleh saudara kita di Bali, karena selain digunakan sebagai estetika landscape, bunganya juga digunakan sebagai ritual keagamaan di Bali. Permintaan bunga Adenium di Bali yang begitu besar terkadang tidak dapat dicukupi dari dalam Bali saja sehingga perlu mendatangkankan pasokan bunga dari Jawa. Selain itu juga diekstrak untuk bahan pembuat parfum yang harum, itulah faktanya sehingga bisa dibilang adenium selain indah juga bernilai ekonomis tinggi.

Adenium sebenarnya adalah penamaan genus yang mengakomodir setidaknya lima spesies di dalamnya, namun Adenium  yang secara umum kita bicarakan disini adalah  adenium obesum. Kita perlu mengetahui penamaannya secara ilmiah untuk memberikan pencerahan terhadap disambiguasi antara tanaman Adenium dan Kamboja yang sebenarnya adalah tanaman yang berbeda dan memiliki jalur kekerabatan yang jauh.

Jenis Bunga Adenium 

Adenium adalah tanaman hias dari genus Adenium, famili Apocynaceae. Memiliki batang dan umbi yang gemuk dengan penampakan tumbuh yang pendek dan biasa ditanam di Pot sebagai bonsai. Sedangkan Kamboja memiliki nama latin Plumeria, juga berasal dari famili Apocynaceae , memiliki penampakan yang mampu tumbuh tinggi sebagai pohon perdu dengan batang kecil dan tidak membentuk umbi pada akarnya, memiliki daun panjang dan besar.

Adenium memiliki warna bunga merah muda pada tepian petal dan putih pada sisi bagian dalamnya, ada juga bunganya yang berwrna merah tua, kuning, dan putih, memiliki masa berbunga sekitar dua minggu dn rajin sekali berbunga dengan diameter bunga sekitar 7 cm. Memiliki batang bergetah dan terkadang mengalami dormansi atau tertidur menyesuaikan kondisi lingkungannya dengan diiringi pengguran daun secara bertahap. mudah ditanam.

Untuk mendapatkan media tanam terbaik anda harus menyiapkan bahan-bahan terbaiknya sehingga anda akan mendapatkan adenium yang cantik, sehat, terhindar dari beragam penyakit dan minim perawatan. Media tanam harus kaya akan nutrisi organik, porous, dan kering. Terhindar dari banyaknya batuan yang akan mempersulit akar untuk mencari makanan.

Untuk menanam bunga Adenium bisa dilakukan dengan beberapa cara,  salah satunya melalaui stek batang. Kemampuan suatu tanaman untuk dapat dikembangbiakkan dengan cara vegetatif dikarenakan kemampuan titopotensi dimana setiap sel dapat membelah dan melengkapi sel lain hingga menjadi organisme baru yang utuh meskipun sebagai contoh mengembangbiakkan suatu tanaman dari sel daun misalnya, namun sel batang dan akar juga akan tumbuh.

Cara Menanam Adenium Stek Batang

Hal pertama yang akan kita bahas adalah stek batang, stek batang sendiri ada dua macam yaitu stek batang dan stek sambung batang. Hampir sama namun sebenarnya berbeda.

Pada stek batang, batang akan menjadi satu organisme baru dengan sifat yang sama dengan tanaman induknya, sedangkan  stek sambung batang adalah transplantasi potongan batang pada tanaman lain sehingga pada tanaman yang disambung akan memiliki dua sifat yang ada dalam kedua tanaman tadi.

Bisa dibilang ketika kedua tanaman tadi memiliki warna yang berbeda pada awalnya, dan ketika disambungkan akan menghasilkan dua warna baru pada bungannya.

1. Cara Melakukan Stek batang pada Adenium 

Cara menanam Adenium dengan stek batang dapat dimulai dengan melakukan tahapan-tahapan di bawah ini yaitu:

  • Siapkan tanaman yang sehat yang akan di stek dengan panjang batang sekitar 25 cm.
  • Buang daunnya untuk mengurangi penguapan dn sisakan 2 helai daun saja.
  • Potong batang tanaman dengan pisau steril (dengan alkohol) kemudian celupkan atau olesi dengan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh).
  • Setelah  itu letakan potongan batang pada tempat yang teduh sekitar 8 hari agar kambiumnya kering.
  • Selanjutnya tanam batang tersebut pada media tanam berupa campuran sekam dan arang bakar.

Tips Stek Batang Adenium 

  • Untuk mencegah tanaman busuk pada media penanaman, jangan gunakan pupuk dahulu hingga akarnya tumbuh sempurna dan luka tanaman menutup sekitar dua minggu.
  • Sirami tanaman tiga hari sekali agar tidak terlalu basah dan akhirnya busuk.

2. Cara melakukan stek sambung batang (grafting)

Cara menanam Adenium dengan stek sambung dapat dimulai dengan melakukan tahapan-tahapan di bawah ini yaitu:

  • Siapkan tanaman yang sehat yang akan di stek dengan panjang batang sekitar 25 cm.
  • Buang daunnya untuk mengurangi penguapan dn sisakan 2 helai daun saja.
  • Potong batang tanaman dengan pisau steril membentuk hurus V.
  • Untuk tanaman yang akan menerima sambungan potong dengan bentuk V terbalik agar pas jika disambungkan untuk kedua batang tersebut.
  • Ikat sambungan dengan kuat menggunakan tali plastik.
  • Sungkupkan tanaman menggunakan plastik bening selama 8 hari.
  • Buka sungkupan tanaman , dan bibit sudah siap untuk mengeluarkan daun baru.

Tips Stek Sambung Adenium

  • Gunakan pisau yang tajam dan steril untuk melakukan pemotongan batang tanaman.
  • Segera sambungkan batang setelah di potong agar tidak kering dan tingkat kesuksesan tinggi.
  • Sirami tanaman tiga hari sekali agar tidak terlalu basah dan akhirnya busuk.

Penanggulan Hama Pada Tanaman Adenium

Pada saat berbunga akan ada banyak hama dan penyakit pada tanaman ini. Untuk itu anda harus tahu juga beberapa jenis hama yang biasa menyerang adenium, antara lain :

  1. Aphid, atau kutu daun. Merupakan kutu berwarna kuning yang hidup berkoloni dalam jumlah yang masif. Dapat menyerang pucuk daun muda dengan menghisap cairan sehingga daun tumbuh tidak sempurna keriting.
  2. Mealy Bug, atau cabuk. Merupakan sejenis kutu berwarna putih yang mengeluarkan tepung dan lapisan lilin pada tubuhnya hidup dalam koloni yang berjumlah sangat banyak. Serangga ini menyerang ketiak daun, pucuk daun muda, dan batang tanaman. Sehingga pertumbuhan pucuk normal dan timbul bercak hitam di sekitar pucuk tanaman yang menyebabkan klorosis.
  3. Cacing Tanah, dapat merusak akar tanaman dan mengakibatkan tanaman tidak dapat  menyerap unsur hara. Banyak ditemukan di tanah gembur.
  4. Fungus Gnat, menyerupai nyamuk berwarna hitam. Dapat menyerang bunga disertai dengan adanya bintik hitam di pusat bunga, dapat menyebabkan kebusukan pada bunga dan layu.
  5. Root Mealy Bug, hidup di media tanaman yang lembap, wujudnya menyerupai kutu berwarna putih. Dapat menyerang pucuk tanaman sehingga pucuknya layu dan adapat menyebabkan akar tanaman membusuk.
  6. Semut, dapat merusak akar dan tunas muda tanaman. Juga pencetus penyakit lain.

Kebanyakan penyakit akan menyerang adenium saat musim hujan datang seperti busuk akar akibat penyiraman yang terlalu sering dan banyak atau terkena air hujan yang menggenang akibat guyuran hujan. Harus segera di atasi agar tidak membusuk dan sulit untuk diobati.

Selain akibat cuaca, penyakit adenium juga disebabkan oleh anthropoda, bakteri, infeksi jamur, dan virus. Cara mengatasinya adalah dengan memelihara kebersihan lingkungan dan perawatan yang baik dan membuang serangga pengganggu sebelum bertambah banyak.

Sebelum anda menanam bunga adenium, anda setidaknya harus tahu tentang karakteristik tanaman ini.  Karena tanaman ini berasal dari gurun yang kering, ia akan mudah busuk apabila media tanamnya terlalu basah, ia menyukai media tanam yang porous seperti pasir namun memiliki banyak kandungan organik sebagai makanan, ditambah dengan fakta bahwa akarnya mmbentuk umbi untuk menyimpan makanan sehingga anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering, adenium menyukai media tanam yang kering namun kaya nutrisi.

Sumber : ilmubudidaya.com