+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

1. Pemilihan bibit melon

Pada tahap pertama dalam cara menanam melon adalah pemilihan bibit, karena dengan menanam bibit melon unggulan hasil yang akan dihasilkan tentu melon unggulan juga. Namun tahukah anda ada cara  memilih bibit melon baik dengan bibit melon yang tidak baik, kami akan jelaskan dibawah ini.

Cara memilih bibit melon 

  • Pilihlah bibit yang akan anda tanaman
  • Sebelum melakukan penanaman rendah terlebih dulu bibit melon dengan air atonik untuk memastikan baik atau tidaknya
  • Setelah itu tunggu hingga 2 jam, lalu anda perhatikan jika ada bibit yang mengapung makan bibit tersebut tidak baik tapi jika tenggelam semua maka bibit tersebut baik
  • Setelah itu pilih bibit melon yang tenggelam dan keringkan agar tidak berjamur

Jika anda sudah paham mengenai cara memilih bibit diatas, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai jenis bibit melon unggulan meliputi bibit orange meta, sunrise meta, mai 119, sky rocket.

2. Proses penyemaian bibit

Cara menanam melon selanjutnya adalah proses penyemaian, tujuan dari penyemaian adalah agar tanaman lebih mudah beradaptasi, tumbuh tanaman lebih maksimal, proses pengontrolan dan perawatan calon tanaman lebih mudah. Jika anda masih binggung cara penyamaian bibit melon, kali ini kami akan menjelaskan langkah-langkah penyemain bibit melon.

Langkah-langkah penyemaian bibit melon 

  • Pilih tempat semai, bisa menggunakan polybag atau pot
  • Setelah itu siapkan media tanaman berupa tanah humus dan pupuk kandang kering
  • Lalu campur dengan rata tanah dan pupuk kandang kering dengan perbandingan 3:1 menggunakan cangkul
  • Langkah berikutnya masukan media tanaman kedalam tempat semain pastikan jangan terlalu penuh
  • Selanjutnya taburkan bibit melon dan tutup menggunakan tanah dengan tipis
  • Lalu siram dengan air setiap agar proses pertumbuhan kecambahnya lebih cepat
  • Biasanya bibit melon yang baik dan proses penyemaian dilakukan dengan benar, bibit akan tunggu selama 2 minggu sejak awak penanaman.

3. Pengolahan lahan tanam

Pengolahan lahan adalah tahap ketiga dari cara menanam melon, sebelum melakukan pengolahan lahan hal yang perlu anda perhatikan adalah iklim, tanah dan ketinggian lokasi karena ketiga hal tersebut yang bakal mempengaruhi tumbuh tanaman melon. Setelah 3 hal penting itu terpenuhi, langsung saja kami akan membahasa cara pengolahan lahan tanaman melon berikut ini.

Cara pengolahan lahan tanam 

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering
  • Lalu bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tanaman yang tidak berguna mengunakan cangkul dan sabit
  • Setelah lahan bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering agar lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.
  • Jika lahan memiliki ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda bisa melakukan pengapuran terlebih dulu dan setelah kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu
  • Langkah selanjutnya buat bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi bedangan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan. Seteleh itu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak 40 cm lalu buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.
  • Setelah itu anda bisa menutup bedengan menggunakan plastik dan biarkan selama 1-2 minggu atau bisa sambil menunggu bibit disiap ditanam dari tempat semai.
Persiapan Lahan Tanam Melon
Lahan Tanam Melon

4. Proses penanam melon

Cara menanam melon selanjutnya adalah proses pemindahan tanaman melon dari tempat semai ketempat lahan tanam. Namun sebelum itu pasti tanaman sudah berumur 2 minggu, sudah memiliki daun 2-3 helai, jika semua sudah terpenuhi anda bisa langsung melakukan proses penanam melon (dilakukan pada pagi hari).

Cara menanam melon, ambil tanaman melon dari tempat semai bersama tempat semainya baik itu pot ataupun polybag.  Jika anda menggunakan polybag bisa langsung memasukkan tanaman melon kedalam lubang yang sudah disiapkan sebelumnya namun polybag harus dilepas agar akar tanaman melon berkembang dengan baik. Jika anda menggunakan pot maka keluarkan dulu tanaman bersama media tanam semai dilkaukan dengan hati hati agar calon tanaman tidak rusak, setelah keluar masuk kedalam lubang yang disiapkan sebelumnya.

Setelah selesai tutup kembali lubang menggunakan tanah dan bisa ditambah pupuk kandang kering. Lalu siram menggunakan air secukupnya.

5. Perawatan tanaman melon

Tahap penting berikutnya adalah proses perawatan, walaupun sebenarnya tanaman melon tetap bisa tumbuh dan berbuah jika tidak mengalami perawatan.

Cara Menanam Melon
Perawatan Tanaman Melon – Cara Menanam Melon

Kualitas buah tanaman yang dirawat dan tanaman melon yang tidak dirawat tentu beda, oleh karena itu kami sangat menganjurkan kepada anda untuk melakukan proses perawatan melon seperti dibawah ini.

  • Penyulaman

Proses penyulaman adalah menggantikan tanaman melon yang mati dengan tanaman melon yang baru, penyulama dilakukan pada tanaman melon yang berumur 1 minggu. Jika mengganti tanaman yang berumur lebih dari 1 minggu takutnya masa pertumbuhannya akan berbeda.

  • Penyiangan

Proses penyiangan adalah pembersihan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput dan tanaman liar lainnya. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan tangan kosong dan bisa menggunakan sekop, penyiangan dilakukan pada tanaman yang berumur 3-6 minggu.

  • Pemasangan ajir

Pemasangan ajir adalah pemberian tompangan untuk tanaman melon menggunakan bambu atau kayu tujuannya agar buah tidak bersentuhan dengan permukaan tanah. Pemasangan ajir dilakukan sebelum tanaman tumbuh besar.

  • Pemupukan

Pemupukan susulan diberikan pada tanaman yang berumur 1 minggu, pupuk yang dianjurkan berbentuk cair. Jika anda menggunakan pupuk kimia, maka proses pumupukan dilakukan sebanyak 6 kali.

6. Proses panen

Cara menanam melon yang terakhir adalah proses panen, setiap petani selalu menunggu yang namanya panen karena mereka bisa menikmati buah melon yang susah-susah ditanam selama kurang lebih 3 bulan.

Buah melon yang siap panen biasanya berumur 3 bulan sejak awal penanaman, lalu serat jala dipermukaan kasar, kulit berwarna hijau kekuning-kuninga serta sudah mengeluarkan aroma wangi.

Proses pemetikan buah melon bisa menggunakan gunting atau pisau, yang perlu anda ingat adalah potong tangkai yang mengarah pada daun bukan tangkai yang mengarah pada buah.