+62 8383 574 111 24 admin@kdngroup.co.id

Usaha menanamkan jagung manis di era sekarang ini banyak sekali yang membudidayakan tanaman ini sebagai cara berusaha tanaman. Biasanya membudidayakan tanaman jagung manis adalah hanya sebagai usaha sampingan saja.

Bahkan usaha jagung manis ini bisa dibilang sangat menjanjikan untuk usaha. Jagung manis sering digunakan sebagai pelengkap makanan seperti sayur-sayuran, ataupun sebagai cemilan sehat untuk kesehatan.

Seperti jagung juga memiliki kandungan vitamin yang banyak dari B12 asam folat dan zat besi yang dapat membantu tubuh untuk menghasilkan hemoglobin dalam tubuh. Selain itu, jagung juga bisa memperbaiki pencernaan perut anda. Oleh karena itu , sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan anda dan keluarga.

Cara Menanam Jagung Manis

Bagi anda yang penasaran bagaimana cara menanam jagung untuk usaha sampingan atau hanya sekedar punya hobi menanam sebaiknya ketahui beberapa cara untuk menanam jagung manis yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Mendapatkan Benih Jagung

Langkah awal yang perlu anda siapkan sebagai awalan untuk menanam jagung adalah benih jagung. Bibit jagung manis dapat mudah didapatkan di toko pertanian atau para petani lain.

Sebaik ketika mendapatkan benih jagung manis pilihlah benih hasil indukan yang unggul dan bebas dari segala penyakit maupun hama yang mengintai. Selain bisa mendapatkan benih jagung di toko. Anda juga mendapatkan benih jagung manis secara langsung dari petani jagung agar lebih terjamin mutunya dan kualitasnya.

2. Penyulaman Tanaman

Selanjutnya setelah benih ditanam ke tanah. Hal yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan penyulaman tanaman. Dan untuk bisa menyulam tanaman jagung itu supaya bisa tumbuh secara baik.

Hendaknya anda mengganti bibit yang tidak sempurna dengan bibit yang baru. Agar kualitas tanaman itu terjamin dan tidak membuat jagung dihinggapi oleh hama.

Sehingga jika dilakukan penyulaman tanaman jagung ini akan menghasilkan jagung dengan varietas seragam tanpa ada kekurangan.

3. Bersihkan Tanaman Jagung Dari Kotoran

Setelah tanaman jagung berumur hampir dua minggu. Bersihkan beberapa tanaman parasit yang ada dekat tanaman jagung manis ini.

Biasanya yang selalu menjadi masalah ketika anda sudah menanam jagung seringkali ada beberapa tanaman liar yang tumbuh disekitar tanaman jagung anda.

Cara yang tepat untuk bisa membersihkannya adalah dengan melakukan pembubuhan pada batang jagung ini dengan membersihkan batang yang ada pada jagung. Proses penbubuhan akan memakan waktu satu bulan lamanya.

4. Penyiraman

Semua tanaman supaya bisa selalu tumbuh sempurna dibutuhkan suatu penyiraman yang teratur. Begitupun dalam melakukan penyiraman pada tanaman jagung.

Untuk bisa menghasilkan buah jagung yang bermutu langkah penyiraman menjadi suatu yang penting untuk bisa menjadikan jagung anda lebih berkualitas.

Cara penyiraman ini sebenarnya sepele namun jika diabaikan akan membuat tanaman jagung anda rusak. Jadi , untuk mengatasinya sebaiknya lakukan penyiraman tanaman setiap hari.

5. Lakukan Pemupukan

Tanaman yang berbuah terutama tanaman jagung untuk bisa membuat subur selalu dilakukan Pemupukan setiap saat. Pemupukan ini bertujuan agar tanaman yang dihasilkan bisa tumbuh maksimal dan sesuai dengan masa tanamnya. Disamping itu, pemupukan bisa berguna membantu kesuburan tanah yang ada di tanaman jagung manis.

Membuat Bibit Jagung Manis Sendiri

Bagi anda yang ingin sekali membuat bibit jagung sekarang ini bisa. Biasanya bibit jagung manis yang dijual dipabrik mempunyai berat sekitar 100 gram.

Jika dihitung bisa beberapa puluh biji saja atau beberapa bedeng kecil. Bibit jagung manis untuk lahan yang luas dibutuhkan bibit sejumlah 42-49 bungkus.

Tentunya dengan segitu banyaknya bungkus membuat tanaman jagung anda lebih banyak lagi. Kalau harga jagung disetiap tahunnya naik maka sangat menguntungkan anda sebagai dan bisa untuk modal membeli benih jagung setelah itu.

Akan tetapi, tidak selamanya membeli benih jagung buatan pabrik menguntungkan. Adakalanya benih jagung buatan pabrik mengalami kenaikan tergantung ekonomi Indonesia setiap tahun.

Untuk menyiasati masalah tersebut anda bisa membuat bibit jagung sendiri di rumah. Caranya dengan menyiasati beberapa bibit jagung yang akan dipanen.

Jagung yang telah panen jenis varietas talenta ketika berumur 100 hari. Biasanya jagung itu sudah kering dan tidak terpakai lagi. Agar bisa membuat benih jagung manis sendiri sebaiknya diamkan dulu seminggu atau dua minggu.

Lalu anda pilih biji yang akan dipilih untuk dikeringkan diatas matahari. Setelah kering biji jagung manis di taruh ke karung. Dan jika masa panen jagung anda sebelumnya sudah berlalu.

Bisa anda gunakan biji jagung yang sudah dikeringkan sebelumnya dapat digunakan untuk menebar benih jagung manis selanjutnya.

Pemilihan Lahan Jagung Manis

Tanaman jagung pada umumnya ditanam di lahan yang ada di daratan tinggi maupun rendah. Di Indonesia sendiri tanaman jagung cocok ditanam didekat pegunungan maupun di tanah di daratan rendah seperti di kebun, dan dekat sawah.

Lahan yang dapat ditanami jagung manis hendaknya Memilih pengairan yang cukup stabil. Lahan yang biasanya ditanam di Indonesia seringkali berasal dari lahan gambut, lahan bekas sawah dan lahan kering. Dengan lahan yang mempunyai tanah seperti itu akan membuat jagung bisa tumbuh subur.

Selain itu, untuk terciptanya tajam jagung yang berkualitas dalam memilih penyinaran matahari juga harus diatur.

Panas matahari yang harus selalu ada sebagai cara tanaman jagung berfosintesis sebaiknya selalu panas yang dihasilkan tidak henti-henti selama delapan jam sehari. Tanaman jagung mempunyai pH sebesar 5,5-7,0,tetapi nilai yang paling cocok adalah 6,8.

Dosis Pemupukan Lahan Jagung

Dosis pemupukan yang harus diperhatikan dalam lahan jagung tergantung dari kesuburan lahannya. Dosis yang harus diperhatikan adalah sama terhadap kedua varietasnya baik hibrida maupun non hibrida.

Sacara umum dapat diberikan 10 ton/hektar kalau kesuburan rendah dan 20 ton/hektar kalau sangat rendah. Saat masa tanam pupuk jagung yang diberikan berupa urea, SP-36, dan KCL.

Untuk dosis pupuk bagi jagung manis hibrida saat masa tanam adalah urea 100 Kg/hektar, SP-36 100 Kg/hektar, dan KCL 100 Kg/hektar. jagung nonhibrida, dosis urea 100 kg/hektar, SP-36 75 Kg/hektar, dan KCL 50 kg/hektar.

Untuk dosis pemupukan tahap 1 adalah urea 100 Kg/hektar untuk jagung hibrida. Begitupula dengan pupuk susulan I jagung nonhibrida, dosinya 100 kg urea/hektar. Disamping itu, ketika usia jagung sudah memasuki 6 minggu dosis pupuk yang harus diberikan adalah dengan 100 kg/ hektar.

Sedangkan untuk ukuran jagung nonhibrida dosisnya 50 kg / hektar. Khususnya untuk pemupukan pupuk susulan kedua lebih bagus menggunakan bagan warna daun atau disebut leaf color chart (LCC).

Keuntungan menggunakan bagan warna daun ini yaitu warna yang ada pada jagung yaitu berwarna hijau dan menghasilkan buah yang enak untuk dipetik. Bagan warna ini bisa membuat rasa jagung semakin manis.

Sumber : Hijaukan.com